Tata Tertib Kelas 1 B

Ini adalah aturan di kelas 1B. Aturan ini dibuat setelah rapat bersama anggota kelas dan merupakan kesepakatan yang telah disepakati oleh seluruh siswa kelas 1B.

Tata Tertib Kelas 1 B

Jika Saya membuang sampah sembarangan, maka saya akan mengambil kembali sampah yang sudah dibuang. Membersihkan ruang membaca.

Jika saya merusak barang teman dan perlengkapan kelas, maka saya akan meminta maaf dan mengganti barang yang rusak.

Jika saya mengganggu teman yang sedang belajar maka saya akan minta maaf dan pindah tempat duduk.

Jika saya tidak sopan dan membantah perintah guru maka saya akan meminta maaf, megucapkan istighfar 5 kali, dan istirahat di dalam kelas.

Jika saya berkelahi dengan teman maka saya akan istighfar 10 kali dan meminta maaf kepada seluruh teman di kelas.

Sebenernya, idealnya jika kita merancang aturan kelas itu dengan kalimat yang positif. Berikan aturan mengenai apa yang kita harapkan untuk mereka, dan bukan larangan semata. Namun untuk kelas satu, masih menggunakan bahasa yang tidak terlalu berbelit dan langsung. Mengenai apa yang boleh dan tidak boleh secara spesifik. Karena kosa kata dan pengertian anak-anak masih terbatas. Barulah pada kelas dua, aturan bisa dibuat lebih umum.

Berikut ini adalah aturan kelas lima:

Peraturan Kelas Lima

  1. Siswa datang tepat waktu. Keterlambatan pertama dan kedua akan mendapat peringatan. Jika terlambat lebih dari 2 kali berturut-turut, konsekuensinya adalah menulis karangan dengan judul ’Mengapa saya terlambat dan apa yang seharusnya saya lakukan agar tidak terlambat lagi’. Panjang karangan minimal satu halaman buku tulis.
  2. Siswa tidak makan dan minum sepanjang pelajaran berlangsung. Kecuali jika memang berkaitan dengan pelajaran tersebut.
  3. Siswa bertanggung jawab atas kelengkapan bahan belajarnya masing-masing. Jika tidak membawa buku pelajaran, maka berkurang 50 point.
  4. Siswa menjaga ketertiban dan kenyamanan kelas. Ribut atau membuat onar di kelas akan berakibat pengurangan 50 point.
  5. Siswa berbicara dan beperilaku yang santun. Jika bicara kasar, musti minta maaf dan istighfar.
  6. Siswa menjaga kebersihan. Jika membuang sampah sembarangan, harus memungut kembali sampahnya, dan membuang di tempat yang telah disediakan.
  7. Siswa diharapkan untuk menyelesaikan masalah tidak dengan kekerasan. Jika berkelahi, maka tidak diperkenankan istirahat pada hari berikutnya. Tetap berada di dalam kelas dan mengerjakan tugas dari guru.
  8. Menyontek saat ulangan konsekuensinya adalah menulis surat permohonan maaf kepada diri sendiri di masa depan. Surat minimal sepanjang satu halaman buku tulis.
3 thoughts on “Tata Tertib Kelas 1 B

  1. Ping-balik: Tweets that mention Tata Tertib Kelas 1 B « Teacher's Notebook -- Topsy.com

  2. aku kagum sm sekolah Bu Al …. =)

    • Bu Al ini perhatian sekali ya sama anak-anak. Peraturan memang harus ditanamkan sejak kecil agar menjadi anak-anak tumbuh menjadi insan yand disiplin.

Berikan Balasan

