Tulisan Tahun Ini

Sepanjang malam, saya cengengesan terkekeh-kekeh sendiri. Baca tulisan saya pada tahun ajaran kemarin. Banyak yang lucu, yaaa….. Saya jadi terkesan sekali, huahaha…. Narsis yang tidak elekhan.

Tapi, sebenernya, gak bermaksud narsis juga sih. Malahan, agak sedih….

Tulisan saya pada tahun ajaran ini, gak seperti dulu lagi…

Ternyata, aku tidak seperti yang dulu lagi.

Dan saya yang asli pun, nampaknya tidak seperti yang dulu lagi. Paling tidak, anak-anak kelas enam berkali-kali bilang begitu.

Ibu sekarang lebih galak dari tahun kemarin.

Ibu jarang ketawa lagi, loh, Bu…

Dan yang paling memukul adalah:

Ibu gak lucu lagi…

Duileeeehhhh!!!

Emang, ibu galak, ya?

Pertanyaan itu saya ajukan di kelas lima.

‘Gak, sih, Bu… Ibu Cuma tegas aja.’ Kata Izza.

Saya gak senang dengan jawaban itu. Emang sih, ketegasan adalah hal yang baik. Dan beda, yah antara tegas dan galak itu. Tapiii, biasanya, kalo ditanya gitu, anak-anak akan langsung bilang:

Enggaaaaak!!!!

Iyalah, memang biar bagaimanapun, ini kosekuansi yang musti saya terima.

BLAHHH!!

Maka jadinyalah, tulisan saya pada tahun ini tidak menyenangkan, ya, gak, sih? Lebih banyak serius pisan.

Karena 6 hari kerja saya ini (sekarang jadi 6 hari, men!), mungkin hanya beberapa jam saja bisa ada di tengah-tengah anak-anak saya. Dari 6 hari itu, tiga hari saya benar-benar tidak bersama anak-anak saya. Sisanya, saya harus terasing di ruangan kecil saya dengan orang-orang dewasa beserta juga tumpukan buku, kertas, dan computer.

Saya begitu kehilangan, atas tawa, canda, dan kisah. Walaupun bertemu tiap pagi dan sore, makan bersama mereka, tapi itupun tidak banyak. Yah, salah satunya juga, karena anak-anak saya sekarang kan anak-anak remaja. Yang bagi mereka, guru bukan lagi segala-galanya. Mereka lebih senang mencoba memecahkan masalah sendiri, yang kalau bisa, gak usahlah melibatkan guru. Dalam beberapa hal, saya senang juga. Inilah hasil dari pendidikan yang kita gojlok selama ini. Bagaimana mereka, bisa mengurusi diri sendiri. Tidak tergantung kepada orang lain. Untuk belajar dengan senang, dan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan mereka dengan baik.

Saya harap, ini selesai pada akhir tahun. Jadi saya bisa kembali fulltime mengajar. Dan, saya setengah berharap, tahun depan, saya mendapatkan kelas kecil lagi, heheh…

Iklan

3 pemikiran pada “Tulisan Tahun Ini

  1. bu al mungkin sedang jenuh aja
    coba lakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan
    ide(gratis kok):
    – bungee jumping
    – surfing
    – scuba diving
    – lomba makan cabe rawit ma bu eni
    – terjun dari pesawat terbang(yang lagi beroperasi tentu saja)pake parasut(ya eyalahh)
    *apa tuh namanya lupa, maklum otak lagi penuh bu :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s