Surat Kepada Anggota Dewan

Beberapa saat yang lalu, saya memberikan tugas di kelas lima untuk membuat surat kepada anggota DPR. Isinya boleh saran, usul, atau sekedar curhat.

Inilah beberapa:

Surat Salman

Kepada YTH

Bapak Anggota DPR yang terhormat

Assalamualaikum

Bapak anggota DPR yang terhormat, nama saya xxx. Saya tinggal di xxx dan bersekolah di SD Islam xxx.

Bapak Anggota DPR yang terhormat, saya ingin menginformasikan bahwa di lingkungan sekolah banyak anak-anak yang merokok. Saya sering melihatnya di sekolah kakak saya. Saya lihat kayaknya mereka dibiarkan saja. Memangnya tidak ada peraturan pusat ataupun daerah tentang anak-anak dilarang merokok?

Saya menyarankan untuk dibuat undang undang pembatasan usia bagi perokok. Bukan hanya peraturan sekolah saja sebab anak-anak suka ngelawan lagian guru juga suka males memarahi murid.

Mohon maaf jika ada kalimat yang salah.

Wassalamualaikum wr.. wb..

Surat Thata

Senin, 7 Desember 2009

Kepada Bapak dan Ibu Anggota DPR

Assalamualaikum,

Bapak dan Ibu Anggota DPR yang baik, saya ingin menyarankan agar Bapak dan Ibu lebih memperhatikan masalah pengangguran. Karena kalau banyak yang nganggur, banyak hal yang terjadi. Sebab kefakiran itu dekat dengan kekufuran. Nanti tingkat kejahatan selalu tinggi dan juga pada ikut-ikutan terorisme sebab gak puas sama negara. Indonesia gak akan maju.

Tolong ya Pak untuk lebih diperhatikan.

Trimakasih..

Wassalam..

Surat Rani

Kepada Bapak Anggota DPR yang terhormat

Assalamualaikum wr.. wb..

Nama sayaxxx, Pak. Saya duduk di kelas 5 SD. Saya serig melihat di berita sering terjadi bencana. Banjir dan longsor. Bencana itu terjadi karena penebangan hutan secara liar. Padahal sudah ada peraturan untuk tidak menebang poho secara liar.

Orang-orang suka sekali melakukan itu. Mereka tidak memikirkan lingunga yag membahayakan mereka. Karena pohon itu adalah tempat resapan air. Pohon juga bisa untuk mengurangi pemanasan global. Jika sudah seperti ini maka peraturan harus dipertegas.

Karena itu, saya usulkan agar dipertegas batas antara hutan produksi dan hutan lindung. Penjagaan di hutan lindung pun harus diperketat. Hukuman bagi pelaku illegal loging juga harus diperberat.

Demikian usulan dari saya. Saya berharap Bapak dapat meneruskan usulan saya ini. Trimakasih.

Hormat saya…

Surat Thoriq. Ini mungkin akan membuat kening mengkerut. Tapi tugas ini saya berikan pada bulan desember 2009.

6 Desember 2009

Kepada Anggota DPR yang terhormat

Assalamualaikum

Bapak Anggota DPR yang terhormat, nama saya xxx. Sebelumnya, bagaimana kabar Bapak? Saya sehat.

Saya punya usul, Pak. Bagaimana kalau Bapak tegur wakil presiden yag sekarang yaitu Pak Budiono agar bisa bekerjasama dalam rangka penuntasan kasus century. Kan Pak Budiono pernah menjadi gubernur Bank Indonesia. Dan agar Bapak juga menambah anggota tim pencari fakta agar semakin cepat selesaiya.

Sekian dari saya.

Terimakasih

Surat Fani

Kepada YTH

Bapak/Ibu Anggota DPR yang baik

Nama saya xxx. Sekarang saya duduk di kelas 5 SD.

Begini, Pak. Setiap hari saya naik angkot untuk berangkat dan pulang sekolah. Setiap hari dalam angkot selalu saja ada yang merokok. Apalagi supirnya sering merokok. Saya merasa gak nyaman dan semua orang merasa gak nyaman. Saya maunya sih agar orang gak merokok di tempat umum karena akan meracuni orang lain. Kasihan anak-anak masih kecil sudah rusak paru-parunya. Karena itu, saya megusulkan agar Pemda Jawa Barat membuat Undang Undang pelarangan merokok di tempat umum seperti di Jakarta.

Demikian usul dari saya. Saya harap Bapak dapat memikirkan usulan saya ini.

Hormat saya

Surat Donny

Bapak Anggota DPR yang terhormat

Assalamualaikum

Nama saya xx, saya tinggal di xxx. Saya heran, kenapa orang senang membuang sampah sembarangan terutama puntung rokok. Itu berbahaya sekali bisa kebakaran.

Saya harap, aturan mengenai kebersihan lingkungan bisa dipertegas dan benar-benar ada hukumannya. Soalnya kalo peraturan doang tapi gak ada yang dihukum mah percuma orang gak akan menghargai pemerintah sebab pemerintahnya males.

Hormat saya

Surat Nouval

Kepada YTH

Bapak Anggota DPR

Di tempat

Assalamualaikum

Nama saya xxx. Saya tinggal di xx di wilayah xxx. Saya sekolah di SD Islam xxx. Saya menulis surat untuk memberikan Bapak informasi yang mungkin berguna.

Beberapa hari yang lalu, sepeda bapak saya hilang dicuri orang. Saya akan menceritakan kejadiannya.

Setelah bangun tidur, saya, ibu, ayah, dan adik menonton film kartun di TV. Kemudian ayah mengajak saya dan adik saya untuk bermain sepeda keliling komplek. Teryata sepedanya ayah saya sudah ayah saya sudah gak ada.

Kami menyelidikinya kemana-mana. Saya menemukan jejaknya di sekitar rumah, tapi ga tau gimana caranya nyari sidik jari. Jadinya ayah saya melaporkan ke satpam. Saya tanya kenapa gak ke polisi kata ayah, mendingan sama satpam aja lebih didengerin.

Sejak saat itu, keamanan di komplek saya lebih diperketat.

Demikianlah kondisi keamanan di komplek saya.

Trimakasih

Surat Timur

Kepada YTH

Bapak/Ibu Anggota DPR yang terhormat

Assalamualaikum

Nama saya xxx. Saya duduk di kelas 5 SD. Di dekat rumah saya ada banyak orang-orang yang merokok. Orang-orang suka membuang puntung rokok sembarangan. Padahal ada peraturannya dilarang membuang puntung rokok sembarangan.

Orang-orang suka membuang puntung rokok padahal tempat sampah banyak. Nah, yang suka buang puntung rokok sembarangan adalah tukang bangunan. Meskipun ada orang yang ngliatin, tapi orang yang buang sampah atau rokok sembarangan kayaknya gak merasa malu.

Karena itu saya usulkan agar ada hukuman untuk pelaku buang sampah sembaragan adalah denda di tempat saja sebanyak 5 ribu rupiah. Orang kan nanti mikir juga buat buang sampah sembarangan.

Demikian usul dari saya. Saya berharap bapak bisa memikirkan hal ini.

Hormat saya

Surat Safira

Assalamualaikum

Nama saya xxx, saya tinggal di daerah.

Saya ingin memberi tahu mengenai keadaan disini kami selalu bingung. Saya punya banyak pendapat untuk membantu memperbaiki demokrasi tapi saya gak tau bagaimana menuliskannya. Cuma sekarang saya hanya ingin memberitahu masalah sampah.

Di dekat rumah kami ada sungai yang sukup besar. Orang-orang buang sampah tiap hari di sungai. Pemerintah daerah tahu tapi membiarkannya.

Itu yang ingin saya laporkan saat ini.

Trimakasih.

Surat Izza

Assalamualaikum

Bapak dan Ibu Anggota DPR, polusi kita sudah berlebihan. Udara sudah terlalu banyak racun. Maka saya mengusulkan agar pajak kendaraan dinaikan 400 % untuk mengurangi jumlah kendaraan di jalanan.

Trimakasih

Surat Salsa

Kepada YTH

Bapak dan Ibu Anggota DPR

Assalamualaikum,

Saya xxx.Saya adalah siswa kelas 5 SD Islam xxx. Soal saran atau usul, mungkin saya hanya mau sedikit cerita.

Begini Pak, ditempat les saya banyak penjual makanan dan permen, tapi makanan yang dijualnya itu tidak jelas. Apakah ada izin dari BPOM atau tidak. Saya mengusulkan agar razia dari BPOM dilakukan juga di sekitar sekolahan dan tempat-tempat les jangan Cuma di pasar induk saja.

Atas kesediaan Bapak membaca surat ini saya ucapkan terimakasih

Wassalamualaikum.

Surat Cakra

Kepada YTH

Bapak Ibu Anggota DPR

Assalamualaikum

Nama saya xxx, saya tinggal di xxx. Di dekat perumahan saya banyak sekali orang-orang dewasa yang merokok padahal sudah ada peraturan dari RT/RW setempat untuk itu. Banyak juga yang buang sampah sembaragan padahal sudah ada larangan dari RT/RW. Sepertinya masyarakat tidak menghormati pemerintah daerah setempat khususnya RT dan RW.

Di depan rumah saya ada taman. Lalu ada yang mencabuti dan merusak rumput serta tumbuhan di taman itu. Pak satpam selalu memarahi anak-anak padahal yang mencabut dan merusak tanaman itu orang dewasa, Pak. Yang membuang sampah sembarangan juga orang dewasa. Sebab saya dan teman-teman sepakat untuk menegur orang yang suka buang sampah dan merusak tanaman. Anak-anak kalo ditegur mau tapi kalo orang dewasa yang kami ingatkan malah marah-marah gak mau dengar.

Saya benar-benar berharap agar pemerintah pusat dapat mencari solusi untuk ini.

Wassalamualaikum

2 pemikiran pada “Surat Kepada Anggota Dewan

  1. OMG…itu saran-saran anak kelas 5?
    ckckckck…salut sama guru-gurunya yang bisa mengajari anak didik untuk berpikir kritis.

    Salam kenal…

Tinggalkan Balasan

