Kutipan Hari Ini: Yang Keren Di Masa Depan.

Kesantunan berbahasa adalah hal yang mutlak di lingkungan sekolah tempat saya bekerja. Kami benar-benar berusaha untuk menanamkan berbahasa yang santun setiap hari sejak awal, maka gak heran kalau anak-anak pun terbiasa dengan bicara yang baik. Tegang banget? Oh, gak juga. Siapa bilang bicara santun artinya kering dan gak bisa becanda? Bertengkar pun bisa saja loh dengan mengungkapkan bahasa yang santun. Lihat saja Nouval (kelas 6) dan Izza (kelas 6) yang sering sekali ribut berdua. Tetap saling lempar kata dan tereak dengan bahasa yang santun:

Nouval:Kamu gak pernah mau tahu kepentingan orang lain!

Izza: Kamu yang gak pernah mau intropeksi diri! Kalau main kalah marahnya sampai semua orang kena pukul. Memangnya kita gak bisa melawan? Dasar egois! Hanya mementingkan dirimu sendiri!

Menyebut diri sendiri bagi anak-anak saya kelas kecil adalah memanggil namanya sendiri, lalu ’aku’, kemudian jika berhadapan dengan guru adalah ’saya’. Bicara dengan kawan pun dengan ’aku’ dan ’kamu’, hampir gak pernah dengerlah kata-kata ’gua’ dan ’elo’. Saya bilang hampir, karena terkadang ada juga yang menyebut ’gua elo’ khususnya pada awal tahun ajaran seperti ini. Mereka-mereka yang baru di lingkungan sekolah seperti anak baru dan guru baru jika bicara dengan rekan sesama guru. Tapi kemudian, dalam waktu singkat, ’gua elo’ akan menghilang tertelan kata-kata penyebutan diri yang biasa berlaku. Guru baru akan otomatis merubah bicaranya karena malu suka ditegor-tegor anak sementara anak-anak baru juga berhenti secara alamiah selain pun kadang ditegur anak lain.

Lucu juga loh cara anak menegur anak lain. Seperti di kelas saya kemarin, saat Dilla menegur Fathur yang masih saja bicara ‘gua elo’. Begini kata Dilla:

‘Hey, Fathur, kamu belum denger, ya? Mulai 2010, sampai seterusnya, udah gak keren lagi bahasa ‘gua elo’.’

2 pemikiran pada “Kutipan Hari Ini: Yang Keren Di Masa Depan.

Tinggalkan Balasan

