Gambarnya Salah!!!

Baru saja saya membaca sebuah postingan di sebuah blog yang ngomongi tentang homogenitas. Sebenernya postingan itu bercerita tentang hal yang lain lalu nyerempet ke situ. Mengatakan bahwa dari dulu, kita selalu diajarkan untuk menjadi homogen. Si penulis kemudian mencontohkan dengan kisahnya sendiri yang ketika SD membuat gambar yang enggak-enggak, dibilangin sama gurunya. Katanya, gak ada yang gambar kayak gitu.

Ingat jaman kita SD gak sih? Kalo pelajaran gambar, bikinnya gunung kembar dengan matahari ngintip di tengah-tengah. Kalo saya sih gak pernah gambar kayak gitu. Gambar saya biasanya adalah kartun (seada-adanya lah), komik (seadanya juga), atau pesawat-pesawat tempur dan kapal-kapal induk. Awalnya, diketawain guru dan ditanya-tanya saya itu cewe apa cowo sih? Tapi pertama kali waktu diketawain itu saya cerita ke ayah saya, beliau Cuma nyengir lebar dan bilang:

‘Kalo ditanya gitu lagi, jawab aja: cewe.’

Eniwey, saya cukup lega anak jaman sekarang daya imajinasinya udah lebih beraneka ragam. Gambar gunung klasik, masih ada. Beberapa. Tapi kebanyakan, gambar sudah beraneka ragam. Manusia, binatang, boneka, adegan perang, banjir, hutan, komik, pemandangan bawah laut, luar angkasa, dan lain-lain. Anak-anak sekarang sudah lebih luas dunianya. Dan lagipula, kita, guru, juga seringnya menugaskan gambar dengan tema tertentu.

Kemudian ada suatu kisah kecil saat salah satu guru TK membawa paksa salah seorang anak perempuan yang nangis awut-awutan. Guling-guling di lantai. Nendang-nendang. Bahkan, heboh banget sampe menampar-nampar mukanya sendiri. Intinya, ngamuk!!!

Setelah semuanya selesai dan suda lewat jam pulang, sang guru pun berkisah. Ini gara-gara gambar.

Saat itu kegiatannya adalah menggambar bebas. Temanya adalah angkasa. Nah, salah satu anak, bukan yang ngamuk itu, menggambar anak kecil berdiri memandangi langit yang diwarnai olehnya dengan warna hitam. Di langit ada bulan, bintang, dan matahari. Semuanya warnanya kuning. Lalu si anak yang ngamuk itu tanya:

Anak ngamuk: Ih, kamu kok langitnya warnanya item?

Anak Gambar: Soalnya kan malem, jadi gelap (Masih asik ngewarnain)

Anak Ngamuk: Kok kalo malem ada matahari?

Anak gambar: Biarin.

Anak Ngamuk: Kan kalo malem gak ada matahari.

Anak yang gambar tetep kekeuh surekeuh dengan gambarnya yang akhirnya, bertengkarlah dua anak ini. Bu Guru datang.

Bu Guru: Oh, iya, Nak. Kalo malem, biasanya matahari gak kelihatan.

Si anak gambar tetep kekeuh dengan gambarnya. Maka Bu Guru hanya mengatakan ‘baiklah, bagus warnanya rata.’

Si anak ngamuk sewot berat. Dia marah-marah dan berusaha menghapus gambar temennya. Sang guru melerai. Merasa gak dibela, si anak ngamuk langsung nangis awut-awutan.

’Dia gambarnya salah!!! Gambarnya salah, tau!!! Huhuhuuuuuu……’

Heeh, kadang bikin garuk-garuk kepala juga menghadapi anak-anak.

Iklan

2 pemikiran pada “Gambarnya Salah!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s