Percakapan Hari Ini: Tetap Sabar Menghadapimu

Ini kisah yang saya saksikan tadi pagi. Saat jam istirahat pertama.

Seorang anak kelas 1SD ngamuk berat. Pasalnya, dia kepengen snack yang sedang dimakan temannya. Temannya ini sebetulnya mau berbagi. Tapi si anak kelas 1 rupanya yang justru gak mau berbagi. Dia ingin snack itu, seluruhnya, untuk dia sendiri.

Lah, jadinya kan susah!

Si anak kelas 1SD pun ruwet ngambek. Tapi amukannya ini dilampiaskannya kepada sang kakak, Jojo. Seorang anak kelas 4.

Jojo udah berusaha ngasih tau ngeladenin adeknya. Janji-janji kalau nanti sore, Jojo akan membelikan si adek snack yang sama. Tapi nampaknya si adek maunya snack itu sekarang! Pokoknya sekarang juga, titik!!!

Dia rampas snack si teman.

Jojo segera mengambil lagi snack yang dirampas adiknya, dan mengembalikan kepada yang punya.

Sampailah pada si adek mulai memukuli Jojo. Menendang-nendang. Uring-uringan. Narik-narik. Tereak-tereak. Dan tau gak, si Jojo bilang apa?

Anak-anak, biarpun sudah 5 tahun bersama mereka, teteup aja bikin terkejut dan terkesan kadang-kadang.

Jojo, disela-sela sabar diamnya itu, berkata kepada adeknya:

’Biarpun adek mukulin kakak kayak gimana juga, kakak sih cuma bisa sabar aja menghadapi adek. Jangan begitu. Gak boleh ngambil punya orang. Adek kalo sabar nanti kakak beliin dua. Biarpun adek mukul kakak, nendang kakak, nanti kakak tetep beliin buat adek. Tapi adek jangan ngerebut punya orang.’

Saya dan Bu Firda yang menyaksikan langsung melongo…  Anak umur 9 tahun yang ngomong kayak gitu.

Terharu, hiks…

Iklan

2 pemikiran pada “Percakapan Hari Ini: Tetap Sabar Menghadapimu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s