Lagu Wajib Nasional

Salah satu kosekuensi dari gak lagi diwajibkannya upacara tiap hari Senin pagi (ketentuan yang sekarang, minimal satu tahun sekali ada upacara), maka makin gak taulah anak-anak tentang lagu-lagu wajib nasionalnya. Beban juga bagi saya sebagai guru PKN (Pendidikan Kewarganegaraan) yang materinya untuk anak SD bukan lagi mengenai Pancasila. Pancasila merupakan salah satu bahasan. Materi PKN untuk SD sekarang lebih kepada tata negara. Mengenai undang-undang dan sistem pemerintahan. Maka, gak heran waktu UAS kemarin anak-anak ujian SBK-nya adalah menyanyi lagu wajib nasional plus memainkan satu lagu daerah dengan alat musik, mereka jadi bingung. Apalagi lagu wajibnya ternyata adalah Syukur.

Gak tau sama sekali.

Begitu diperdengarkan, yang pertama kali terucap adalah:

’Loh, bukannya itu lagu gereja?’

Bu SBK-nya nangis.

Yah, beliau sih cerita kalau diam-diam nangis. Sedih banget anak-anak gak tau lagu nasionalnya sendiri.

Maka mulai tahun ini saya biasakan lagi, tuh! Hal yang dulu saya lakukan lalu menghilang. Setiap kelas PKN dimulai dengan menyanyi dua lagu wajib nasional. Mudah-mudahan, paling tidak, anak-anak tahu.

Eniwei, seperti lagu-lagu lainnya, anak-anak punya fave sendiri. Dan yang menjadi kesukaan anak-anak saya adalah lagu Indonesia Pusaka. Pokoknya setiap kali PKN, kelas manapun, pasti mintanya nyanyi Indonesia Pusaka.

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Emang bikin meleleh, yaa…

Iklan

Satu pemikiran pada “Lagu Wajib Nasional

  1. Cerita yang sangat menarik. Inilah korban dari keterbukaan yang kebablasan. Bukan hanya siswa-siswa kita yang masih di bangku sekolah rendah, bahkan siswa SMA pun juga sudah mulai melupakan. Padahal saya secara pribadi hormat sekali dengan karya komposer musik Lagu Nasional masa itu. Perjuangannya sangat luar biasa untuk membangkitkan nilai2 patriotisme dan nasionalisme bangsa. Jangan menyerah.. tularkan paling tidak nilai2 yang terkandung dalam lagu2 itu, seperti lagu Indonesia Pusaka yg membuat hati kita meleleh….. Selamat berjuang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s