Kita Hidup Harus Maju Terus

Kelas paling ngejelimet selama setengah semester ini bagi kami adalah Qu’an Tafsir. Materinya adalah Mad. Lgh…saya sendiri pun kepusingan kalo anak-anak mulai tanya-tanya saya mengenai ini. Perasaan dari dulu, yang namanya Tajwid (Hukum Membaca Al Qur’an) itu paling ngejelimet ya pas materi Mad ini. Jenisnya aja ada banyak. Tigabelas buah. Awal-awal sih gampang pas baru belajar Mad Asli atau Mad Thobi’I aja, tapi begitu pelajaran jalan terus ke Mad Tamkin, Mad Shilah Qosirah, Mad Shilah Tawilah, Mad Arid Lisukun, Mad Lazim Mukhoffaf Kalimi, Mad ‘Iwad, dan seterusnya dan seterusnya ituuuu, walaaaaah!!! Ampuuuuun!!! Saya lieur!!!

Anak Saya: Bu, Ibu.. kalo ini Mad Lazim Mutsaqqol Kalimi atau Mad Lazim Harfi Musyba’?

Saya: Yee, Mad Lazim Harfi Musyaba’ itu kan cuma ada di awal surat aja. Tapi, bukannya ini Mad Wajib Muttashil?

Anak Saya: Masa sih, bu? Lah, kan gak ketemu hamzah, Bu?

Saya: Tau, gak.. Gimana gak kamu tanya ajalah gurunya sekalian Ustadzah manda. Ibu ngeri salah, euy!!

Saya: (dalam hati: Aduuuuh, saya juga bingung niiih!!)

Maka ga heran kan kalo udah hari Rabu begini anak-anak ogah banget saya keluar kelas. Marah-marah kalo bel tanda kelas IPS saya berakhir. Sebab kelas selanjutnya adalah Qur’an Tafsir.

’Udah, Buuu…. Lanjut ajalah! Gak apa-apa IPS 5 jam yang penting pelajaran Qur’an Tafsir gak ada, Buuu…’

Kalian kalo sebel sama pelajarannya tambah susah menaklukannya, loh!

Tadi juga begitu. Saya sampe dikunciin di kelas saya sendiri. Tapi Ustadzah manda-nya sudah nongol di depan pintu yang langsung bikin anak-anak cemberut.

Kalian imut-imut banget kalo lagi ngambek gitu.. Ibu jadi gemes, loh!

’Aaaaaaa….’

Dua jam pelajaran kemudian, Ustadzah Manda keluar kelas dengan cengengesan.

’Bu Alifia,’ katanya. ’Tau gak pas saya masuk kelas anak-anak pada bilang apa.’

Ustadzah Manda masuk kelas, anak-anak langsung rame.

’Bu, kita punya usul,’ kata mereka. ’Gini, kita tuh gak bisa hidup gini-gini aja, Bu.. Kita harus maju ke depan.’

’Maksudnya?’ Ustadzah Manda.

’Iya, Bu. Kita hidup harus maju terus. Makanya, kita langsung ajalah ke materi selanjutnya. Gak usah lagi diinget hukum mad ini. Anggap aja masa lalu yang buruk.’

’Iya, Bu… Udahlah… Mungkin emang udah nasib kita gak bisa menguasai mad dengan baik. Ibu tuh harus legowo Bu menerima anak-anaknya gak bisa mad. Ikhlas, Bu…’

’Iya, Bu… Ikhlas….’

Huahahaha… Ada-ada aja, deh!!

Ustadzah Manda? Yah walaupun setengah mati nahan ketawa juga tetep aja pasang muka serius.

’Baiklah kalau begitu. Kalau kalian maunya ikhlas, ya gak apa-apa. Ibu juga ikhlasin aja kalau kalian gak naik kelas nanti, yaa…’

Aaaaa.. Tidaaaaak!!

 

One thought on “Kita Hidup Harus Maju Terus

Tinggalkan Balasan

