Gak Sabar Menunggu Proses

Rekan-rekan datang menjenguk saya. Ngobrol sana-sini, nyerempet pula masalah anak-anak. Saya agak resah karena ini pertama kalinya saya meninggalkan salah satu moment penting dan menyerahkannya kepada orang lain. Membagikan rapot.

Bagaimana, ya? Apakah ada komplen, ada sesuatu yang ingin dibicarakan oleh orangtuanya anak-anak?

Kemudian saya ingat bahwa saya seharusnya membuat catatan khusus mengenai kemampuan membaca dan menulis salah satu anak saya. Sambil ketawa, saya bercerita bahwa anak yang itu adalah adik dari seseorang yang dua tahun yang lalu saya beri catatan yang sama. Lalu sedikit mengeluh mengenai tulisan anak itu yang betul-betul memalukan jika kita melihatnya sebagai tulisan anak kelas 5 SD. Bukan isi, tapi estetikanya.

Kirsan ketawa kecil, lalu dia bilang:

‘Iya, AL, kita emang suka sebel geregetan kalau menghadapi hal-hal kayak gitu. Bete banget karena hal itu adalah hal yang mudah. Dan kita suka lupa, kalau untuk dapat menulis yang sederhana, hanya satu huruf, itu butuh proses yang panjang. Gak pernah ada jalan yang instan. Padahal kita ini guru sekolah paling dasar, yang tahu persis, dan tiap hari diingatkan. Tapi kita tetep aja selalu lupa. Kalau sebelum seseorang itu diajak menggoreskan huruf A di atas kertas dengan crayon, dia harus belajar untuk memegang krayonnya dulu. Dan sebelumnya, ada banyak kegiatan untuk mempersiapkan moment itu. Kita lupa dengan minggu-minggu kita aja anak bertepuk tangan nyanyi dan meremas-remas plastisin. Kita lupa dengan minggu-minggu kita dampingi anak-anak untuk menghubungkan titik-titik, membuat garis-garis dan lingkaran. Kita lupa saat susahnya anak-anak kita belajar untuk menggunting dengan tanpa gemetar. Tau-tau, itu semua lewat. Mereka gak manis lagi. Gak gemesin lagi. Tapi biar udah gede juga, hal yang sederhana harus dipersiapkan dengan pengalaman. Tapi kita kadang gak sabar untuk menunggu mereka sampai di sana.’

10 thoughts on “Gak Sabar Menunggu Proses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s