Teori Bencong

Saat menulis postingan sebelum ini saya teringat dengan sebuah kisah kecil di sekolah. Hanya percakapan biasa antara saya dan beberapa anak. Kami saat itu membicarakan mengenai salah seorang murid di kelas yang anak-anak sepakat kalau dia itu bergaya bencong.

Saya gak pernah ngeh mengenai itu.

Well, anak lelaki ini, mari kita sebut saja namanya Rudy, hari pertamanya di sekolah udah kena saya bentak. Ini anak baru nungul di sekolah saat kelas 3 dan hari pertamanya nangis ngegaung-gaung guling-gulingan di teras depan. Gak tau kenapa. Ibunya melemparkan pandangan memohon pertolongan.

‘Ini anak emang cengeng, Bu… Beginilah. Gimana, atuh, Bu Guru?’

Saya pun berbisik minta sang ibu pergi. Begitu ibunya gak ada, saya tarik itu anak dan saya hardik:

Masuk kelas!

Dia langsung lari terbirit-birit kabur dari saya.

Tahun ini, dia salah satu anak saya. Kami gak ada masalah apa-apa. Nampaknya kejadian hari pertama dia kena hardik oleh saya pun tidak dimasukkannya ke hati. Mudah-mudahan begitu. Paling yang saya tahu ibunya suka curhat-curhat mengenai anaknya ini. Bukan masalah pelajaran sekolah, tapi kebiasaannya yang kelewat slebor.

‘Rudy itu bener-bener, deh, Bu. Beda banget sama abang-abangnya yang pada rapih-rapih. Ini anak semaunya aja sendiri. Pake baju yang itu-itu aja. Acak-acakan. Bikin malu ibunya aja.’

Yah, begitulah Rudy. Gak heran kalau hari Rabu dan Kamis yang adalah hari baju bebas, itu anak tiba di sekolah dengan baju lecek bin lusuh.

Suatu hari, saat saya sedang anteng-anteng bekerja di kelas selepas jam sekolah, beberapa anak perempuan duduk mengerumuni dan melongo nontonin saya. Kami pun bicara sedikit-sedikit yang kebanyakan saya hanya menimpali standar-standar aja. Sampai salah satu anak bicara mengenai Rudy.

‘Bu, Rudy itu bencong, ya?’

Saya mengerutkan kening.

Kenapa kamu kepikiran begitu?

Beberapa anak menepuk keningnya.

‘Ibu gak merhatiin? Liat, deh, Bu, kalau Rudy jalan. Kan keliatan banget kayak cewe.’

Saya garuk-garuk dagu mencoba mengingat.

‘Trus kalau ngomong juga tangannya melambai-lambai , loh, Bu.’

Saya jadi ingat teman saya di rumah si Pak-Dokter-Gemulai.

Ngng, masa sih?

‘Iyaaaah, Buuuu…’

‘Trus, dia juga gak kayak anak cowok yang lain. Rudy kan gak suka maen bola, Bu. Maunya main sama anak cewe. Main karet.’

Perasaan banyak, ah, anak cowo yang suka maen karet. Kak Nouval suka maen karet.

‘Tapi Kak Nouval kalo disuruh milih maen bola atau maen karet itu pasti milihnya main bola.’

‘Udah gitu cengeng, Bu, si Rudy itu. Kemaren aja dia nangis waktu Pak Hadist cerita tentang Masyithah. Aer matanya meleleh gitu. Lucu, yaa… Kita sampe pada ketawa ngeliatin dia.’

…….

‘Rudy itu bencong, ya, Bu?’

Tau, gak, kadang suatu pertanyaan yang ditujukan kepada kita bisa selesai tanpa kita menjawabnya. Karena belum sempat saya bicara, salah satu anak perempuan sudah membuka mulutnya.

‘Kalau kata Mamaku, kadang ada orang yang kayak gitu. Tapi kita gak boleh menghina atau menuduh macam-macam. Soalnya bisa aja kita salah. Dulu Mamaku juga punya temen kuliah kayak si Rudy. Prilakunya bencong. Suka dikata-katain di kampus trus pernah dijauhin gak ada yang nemenin. Eh, gak taunya, temen Mamaku itu menikah juga. Punya anak.’

‘Mungkin kadang-kadang, ada orang kayak gitu. Kayak Kakak Ahmad (kelas 6) juga gak suka maen bola. Sukanya ngegambar kartun melulu.’

‘Jadi kita gak boleh suudzon sama orang. Nanti kita yang dosa.’

‘Iya, ya… Kan Allah yang menciptakan semuanya. Kata Pak Hadist, kalau kita ngata-ngatain gambar teman, bisa bikin yang bikin gambar itu marah. Nah gimana coba kalau kita menghina-hina makhluk Allah?’

‘Ya, kan, Bu?’

Yep, setuju!

8 thoughts on “Teori Bencong

  1. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://entrydatabase.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s