Ujian Kuartal Satu 2011-2012: Kertas Kasak Kusuk

Anak-anak lagi ujian. Saat paling ngebosenin sejagat! Jadi pengawas ujian!

Hari ini ngawas kelas 5. Tengah jam, beberapa anak keliatan kasak-kusuk sendiri-sendiri. Tangannya di kolong meja dan matanya sibuk di bawah meja. Rada konsen gitu.

Pertamanya, hanya memberi peringatan:

Jujur, ya, Nak. Kalau hasil sendiri tanpa nyontek dan ngebet, pasti kalian lebih bangga sama diri sendiri. Kalo ngebet, emang nilainya bagus. Tapi kalian gak sadar kalau kalian sudah kehilangan sesuatu yang penting dari diri kalian. Kejujuran.

Kasak-kusuk itu berhenti. Semua konsen lagi.

Sampai setengah jam kemudian. Mulai kedengeran seru sendiri.

‘Bu Alifia mau keliling, ah! Periksa laci-lacinya…’

Banyak yang kemudian tegang. Mengernyit.

Keliling…

Ngambilin semua yang ada di kolong meja.

Hampir semuanya bersih sebenernya, hanya beberapa kertas saja. Tapi setiap kali kertas itu saya ambil, anak-anak memejamkan mata memberi ekspresi: Doh, ketauan deh gua!!

Dan ternyataaaaa….

Kertas-kertas itu isinya ini:

Gambar-gambar…

Kartu-kartu permainan…

Ada yang maen XOX segala…

*gabruk!

Teteup aja si pemilik kertas-kertas itu saya tanya-tanya. Dan semuanya bilang:

‘Abis bosen, Buuu… Waktunya kelamaan. Aku udah selesai..’

One thought on “Ujian Kuartal Satu 2011-2012: Kertas Kasak Kusuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s