Ujian Kuartal Satu 2011/2012: Soal Kacau!

Apakah memang soalnya kegampangan ataukah waktunya terlalu cepat? Entahlah. Tapi yang jelas, anak-anak selalu saja selesai mengerjakan dengan dalam waktu singkat secepat-cepatnya.

*lebay!

Maka waktu satu setengah jam untuk setiap mata pelajaran ituh selalu kebanyakan, tuh!

Walaupun kita sih selalu mengatakan bahwa ini kan karena masih pelajaran-pelajaran agama yang diujikan. Nanti liat, deh, pas pelajaran yang ujian. Dijamin anak-anak gak akan selesai dalam waktu sesingkat itu.

Paling enggak untuk kelas 4 keatas, gak akan sesingkat itu waktunya.

Paling enggak, untuk pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Lihat aja. Dua pelajaran yang waktu ujiannya paling panjang itu (dua jam full) bakalan kurang!

Biasanya seperti itu.

Bahkan gak jarang, giliran Matematika, dua jam setengah pun masih juga kurang. Karena waktu istirahat selepas ujian Matematika bakalan tetep diisi ujian Matematika juga. Anak-anak bakalan teteup ngotot masih ngerjain juga walaupun bel tanda waktu habis sudah berdering-dering.

Sampai sudah bel masuk lagi, beberapa anak akan teteup ngotot keukeuh sureukeuh ngerjain soal Matematikanya!

Dan kami para guru akan geleng-geleng kepala. Apa yang terjadi sebenernya? Perasaan dulu kita masa bodo banget sama ujian. Begitu bel tanda waktu habis berdering, mau berapa soal kek masih belon selesai, yang penting kabur!

Main!

Tapi tentu saja, itu khusus dua mata pelajaran tersebut. Pelajaran yang lain, waktunya tetep berlebih, hehehe…

Hari ini ujian IPS dan PKN di sekolah. Dua mata pelajaran saya. Maka ngider-ngiderlah dari kelas ke kelas untuk memantau sekalian menjelaskan jika ada yang tidak jelas (soalnya) dan bertanya.

Daaaan, ini merupakan hari ruwet juga. Gara-gara soalnya kacau balau!

Saya memang sama sekali tidak melihat soalnya sebelumnya. Begitu saya ambil dari dinas setempat dalam amplop cokelat yang masih terbuka, langsung saja saya serahkan kepada panitia yang menghitung jumlah, lalu langsung merekatkan.

Hanya dalam hitungan menit!

Ini memang telah saya instruksikan sebelumnya setelah ada tuduhan-tuduhan gak enak dari ‘atas’ mengenai kemungkinan bocornya soal-soal ke siswa. Sebenernya tuduhan ini gak langsung dan terjadi pada tahun ajaran kemarin yang saya kira rada bikin pengen ketawa juga, ya.. Lah, wong soal ujian semester dan kuartal, kok. Bukan UN atau yang seperti itu. Apa, sih?

Maksud saya bukan berarti gak peting dan layak untuk bocor. Justru sebaliknya.

Emangnya segitu guobloknya apa sampe ada yang ngebocorin soal midtest dowang ke anak-anaknya? Hah? SD pula!

Maka untuk ujian kuartal satu ini, saya tidak ijinkan siapapun untuk melihatnya terlebih dahulu. Datang, hitung, langsung segel! Letakan di lemari saya dan kunci.

Hehehe…

Maap Ibu dan Bapak Guru, ini sama sekali bukan maksud saya untuk tidak percaya. Tapi sebaliknya, biar orang-orang tau kalo anak-anak kita itu kemampuan segitu! Gak dibocor-bocorin segala! Emang pada pinter, kok, yaa…

Eniwei, karena itu saya tidak tahu kalau soalnya kacau balau.

Duh tepar!

Soal IPS kelas lima itu sama sekali gak ada spasinya! Sumpah! Semuanya nyambung!

Kebayangdongkalokitabacasoalnyambunggimanarasanyaapalagijikaitutermasukpilihanpilihannyasegala!

Heeeehhhh….

Rasanya kayak di atas kertas itu semua hurup ketumplek-tumplek. Untung aja ini yang dapet kelas lima yang ributnya sebentar. Selanjutnya mereka yang kerja sendiri menulis ulang soal di kertas-kertas HVS kosong.

Kata anak-anak, nambah kerjaan aja, sih, ini!

*gimana sih elo, Nas? Woi, dinaaaaas?

Di kelas 4 beda lagi. Soalnya ada spasinya, tapi nomernya banyak banget! Di setiap baris ada nomernya. Bikin anak-anak (dan saya) bingung aja. Ini soalnya dari mana?

Begini contohnya:

  1. Sebutkan lembaga-lembaga yang ada di pemerintahan desa
  2. Dan pemerintah kecamatan! Mengapa organisasi
  3. pemerintahan di satu desa dengan
  4. Desa lainnya belum tentu
  5. sama? Sebutkan kewajiban kepala desa
  6. dan Kepala kecamatan! Sebutkan apa dan
  7. siapa saja perangkat kecamatan itu
  8. Serta jelaskan seksi-seksi yang terkait dalam bidang
  9. kesejahteraan rakyat! Gambarkan struktur organisasi
  10. pemerintah kecamatan, kelurahan, dan Desa
  11. serta jelaskan hubungan
  12. fungsinya!

Nah, sekarang bayangkan kalau ada limapuluh soal kacau balau begitu? Dan ini anak-anak SD lowh.. Ruwetnyaaaa mereka.

Dan saya juga!

Di kelas 3 beda lagi dan paling gila-gilaan kacaunya. Masa semua soal pilihan gandanya berposisi yang paling aneh sedunia! Soalnya semua terkumpul jadi satu, kemudian pilihannya ngumpet semua dibawah. Mana anak-anak kelas tiga kan masih susah untuk diberikan penjelasan secara kolektif. Maunya satu-satu diladenin, dijelasin. Walaupun kita udah tereak-tereak setengah mati ngejelasin di depan, teteup aja ada lebih dari lima orang yang telat dan nanya lagi nanya lagi…

*lgh

Dan ini bukan hanya menimpa IPS atau PKN aja, lowh! Kemarin di kelas lima ada 7 soal Matematika yang tidak ada pilihan jawabannya! Sampe gurunya musti bikin pilihan jawaban yang baru!

Kan jaman sekarang udah gak jamannya lagi, lah, ya, soal bonus-bonusan. Gak ada bonus! Titik!

Maka ujian yang selanjutnya, teteup musti dievaluasi dulu setiap soalnya!

2 thoughts on “Ujian Kuartal Satu 2011/2012: Soal Kacau!

  1. ahahaha keketawaan sendiri baca postingan ini. pasti rariweuh.. apalagi anak2 esde masih pada ga jelas gitu :p semangat laah buguru🙂

  2. duh Bu, beneran tu soal buat anak SD kelas 4? Gak kebayang seumur kelas 4 harus ngapalin struktur kelurahan, kecamatan, tugas2nya dll… Buat apa coba. Urgen gak sih? Mohon maaf sebelumnya, tapi kayaknya kasian banget anak umur segitu dijejali hafalan2 seperti itu, padahal sebenarnya ada nilai/substansi pada hafalan itu yang seharusnya diberikan kepada mereka. Wallahu a’lam. Saya awam banget soal pendidikan anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s