Gosip Ruang Guru: Gak Ada Tau Gak

‘Bu, Andrea gak ada.’

Itu sederet kata yang sempet bikin saya kalang kabut. Gimana enggak, Cuma segitulah pesan dari salah seorang rekan kepada saya pada suatu sore dan saya kebingungan dengan apa yang dimaksud dengan ‘gak ada’. Berkas-berkasnyakah gak ada? Di jaman Ujian Nasional gini yang pertama kali ada di dalam pikiran saya adalah bahwa nama si Andrea tidak terdaftar dalam peserta ujian.

*panikberat!

Uh, kenapa sih orang mengatakan ‘gak ada’ untuk menyebutkan bahwa seseorang sudah meninggal dunia? Kebisaan dari mana sih itu?

Dan seinget saya memang udah berkali-kali kejadian nggak nyambung saat seseorang cerita kalo seseorang ‘gak ada’.

Bu Yuyun: … (maksudnya lagi cerita panjang lebar). Jadi kata bidan, gak masalah mau kapan sebab bayinya emang udah gak ada. Padahal paginya baik-baik aja, tau-tau siangnya, udah gak ada.

Saya: (kaget banget) Loh, bukannya belum lahiran?

Bu Yuyun: Iya, Bu Alifia. Belum..

Saya: Tapi kok udah gak ada? Emang kemana bayinya? (bingung)

Berkali-kali sudah orang menjelaskan bahwa ‘udah gak ada’ itu artinya sudah meninggal dunia tapi rasanya saya tidak kunjung terbiasa. Bagi saya ‘udah gak ada’ itu artinya ya sudah tidak ada lagi. Sesimple itu.

Hari ini saya diingatkan kalau ada lagi sederet kata yang saya tidak kunjung terbiasa untuk langsung memahami pesannya. Dan ituu adalah ‘tau gak blabla…(nada bertanya)

‘Bu, tau Gamal Abdul Nasser?’

Dan saya menjawab: tau.

Kemudian melanjutkan pekerjaan saya tanpa ngeh kalo orang yang nanya ini masih di depan saya menunggu penjelasan. Mana saya tau kalo itu orang minta informasi.

Makanya dulu saya suka heran kalo orang ngedeketin saya lalu tanya, ‘Eh, lo tau gak tentang ini?’ yang saya bilang enggak tau dan kejadian selanjutnya adalah tuh orang cerita panjang lebar. Yah, kalo topiknya memang sesuatu yang penting sih gak apa-apa. Dari bahan apa kaca pesawat ulang alik dibuat sampai bisa tahan gesekan luar biasa panas di atmosfer, misalnya. Tapi ini kan yang seringnya, atau hampir seluruhnya, adalah hal-hal yang saya pun gak gitu punya perhatian di dalamnya.

‘Eh, tau gak siapa yang jalan sama si Bambang kemaren?’

Saya: Ngng… (Gak tau dan apa pentingnya buat saya?)

Saya: Si Bambang guru olahraga? Apa Bambang presiden RI sekarang?

‘Bambang guru olahragaaaaa…. Kok jadi Bambang presiden, sih? Lo mah aneh banget.’

Saya: (Tuh kan? Kalo Bambang presiden kita mungkin saya masih punya rasa tertarik sedikit, ya..)

……

Ih, kenapa sih orang gak berikan aja kalimat yang simple dan menghindari ambigu seperti: Bu, kasih tau saya dong Gamal Abdul Nasser itu siapa sih?

Heran dah gua!

2 thoughts on “Gosip Ruang Guru: Gak Ada Tau Gak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s