Jam di Tangan Kanan

‘Kok kamu pake jam tangannya di tangan kanan, sih?’ tanya saya kepada salah satu anak saya.

Saya orang yang hampir selalu pakai jam tangan. Bukan hanya pas bepergian, tapi kemana-mana! Gak dilepas-lepas. Sampai lagi tidur pun masih juga dipakai. Makanya penting banget bagi saya untuk memiliki jam tangan yang water resistant. Gak perlulah cantik-cantik (lah, emang ada jam tangan saya yang cantik?) atau apalagi mahal, yang penting nyaman, gak bikin gatel, dan, yaa, ituuuu, water resistant. Kebayang dwong kalo enggak jam gua rusak melulu tiap kali dibawa berenang, hehe..

Syarat kedua jam tangan saya biasanya talinya dari karet. Yaaa, kembali ke awal sih, di bawa kemana-mana. Termasuk buat sepedaan atau aikido, kan? Kebayang kalo dari besi-besi gitu selain nyakitin pasti udah hancur berkeping-keping, dah.

Salah satu kebiasaan saya yang lain adalah kalo pake jam di tangan kanan.

Kebiasaan tersebut dari dulu kala yang saya pun gak tau kenapa bisa begitu. Tapi mengingat bahwa saya pernah menolak belajar baca waktu kelas satu SD dulu hanya karena alasan ogah ngikutin orang-orang (Habisnya semua orang bisa baca lah kenapa saya juga harus?), jadi saya selalu berpikir kalau alasan awal saya memakai jam tangan di tangan kanan adalah karena saya ogah ngikutin semua orang lain yang pake jam tangan di tangan kiri!

Mungkin.

Lagian jam tangan pertama yang saya punya itu dibeli saat saya kelas satu SD, mana saya ingat keputusan saya sendiri saat itu.

Saya pernah mengganti pakai jam tangan di tangan kiri gara-gara Pak Ustadz saya waktu SMU. Bukan, bukan beliau menyuruh saya memakai jam tangan di tangan kiri, justru sebaliknya.

Jadi, lupa acara apa, beliau ceramah tau-tau ngomongin kalau kita sebagai muslim gak boleh ngikutin kaum J (Agar tidak dituduh SARA, saya singkat ajalah, ya..) (Etapi J ini bukan singkatan Jawa atau Jakarta loh, ya..). Salah satu nasihat Pak Ustadz adalah, pakke jam di tangan kanan! Soalnya kaum J makai jam di tangan kiri!

Astaga! Orang lain udah ke bulan (Benar atau tidaknya, deh..) kita ngapain menyibukkan diri untuk hal-hal yang gak berguna kaya gitu? Pliiiis, deh!

Akhirnya, sementara teman-teman saya yang lain memindahkan jam tangannya ke tangan kanan, saya pindahin ke tangan kiri, hehe…

Tapi gak betah.

Yaiyyalaaah, orang udah terbiasa di tangan kanan.

Urusan pake jam di tangan kanan suatu saat jadi bahan pemikiran saya pas baca-baca suatu artikel. Lah, emang ngaruh banget, ya.. Kemudian saya sadar kalau di keluarga kecil saya, semuanya emang pake jam di tangan kanan.

Adik saya pake jam di tangan kanan. Dan pada saat saya tanya kenapa, dia jawab:

‘Habisnya Elo pake jam di tangan kanan. Gua waktu masih kecil ngikutin elo aja. Pake jam di tangan kanan. Lagian si Em (adik saya juga) juga pake jamnya di tangan kanan. Dulu, yaaa, gua kira semua orang juga pake jam di tangan kanan.’

Emang si Em pake jam di tangan kanan?

Hihihi, mana saya ngeh.

Nah, si Em ternyata memberi tahu alasan yang masuk akal.

‘Papa dulu, waktu kita masih kecil, makein kita jam di tangan kanan, tau! Lo masa sih gak inget?’

Kehkehkeh… Emang kita empat bersodara tuh kebiasaan pake jam gak dilepas-lepas, kecuali si bungsu. Dan nampaknya, ini kebiasaan dari bokap yang juga pake jam tangan gak dilepas-lepas. Yaaah, walopun jam tangan kita masing-masing beda-beda gaya!

Si Em yang cewek banget itu pake jam tangan sport? Halaaah, mendingan disuruh makan duren sebakul, dah!

Jadi itulah kenapa saya pake jam di tangan kanan. Karena ayah makein jam di tangan kanan. Dan kenapa ayah makein jam di tangan kanan? Lah, mana saya tahu. Belon ngeh sampai beliau almarhum, sih. Selanjutnya, ya jadi kebiasaan. Dan adik saya melihat kakak-kakaknya pake jam di tangan kanan, makanya dia pake jam di tangan kanan.

Eniwey, ada lima anak yang selalu pake jam tangan di kelas, dua diantaranya pake jam di tangan kanan. Maka gak heran dong kalo iseng saya tanya, jawabannya adalah:

‘Habisnya, Ibu pake jamnya di tangan kanan, sih. Keliatannya keren!’

7 thoughts on “Jam di Tangan Kanan

  1. Halaaah, boong banget! Padahal lo kan nyaadar banget kenapa pake jam di tangan kanan. Ngikutin Power Ranger, kaaan?
    Ranger Item—Elo! :p

  2. Pertama, baru tahu saya kalo kamu AL latihan aikido… wuits.. gak boleh macem2 nih.
    Yang kedua, saya juga make jam di tangan kanan. Gak tahu kenapa. Mungkin takut basah kali, kalo pas (maaf) cebok.😆

  3. aaaah ada teman sesama pemakai jam di tangan kanan! *salaman*

    emang deh entah kenapa orang2 yang pake jam di tangan kanan itu, ehem, keren :p hihi. sungguh alasan yang tidak valid.

    ayah saya juga pake jam di tangan kanan.. eh tapi suka pindah2 juga deng kadang di tangan kiri.

  4. saya ga pernah pake jam justru karena waktu jaman sekolahan dulu ngeliat orang2 pake jam di tangan kanan. saya lebih mudah kerja dengan tangan kiri. jadi buat saya tangan kanan kurang keren😀

  5. ktx org pinter… kl yg make jam tangan di sebelah kanan berarti org tsb mempunyai keistimewaan atau mempunyai beberapa ilmu alias orang pinter seperti saya hehhehehehe😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s