Anak Berkebutuhan Khusus di Film dan Buku: Arnie Grape (What’s Eating Gilbert Grape)

BE136FE521B6AB6E74E8C06CFFDEA1Film ini adalah pertama kalinya saya ‘berkenalan’ dengan sosok Leonardo  DiCaprio, yang keduanya adalah seri TV Growing Pains. Agak lucu buat saya karena sampai saat ini saya berpendapat bahwa di film inilah Leonardo DiCaprio dan Jhonny Depp mempersembahkan akting terbaik mereka melalui peran yang sangat tidak biasa mereka perankan: DiCaprio sebagai seseorang dengan karakter yang tidak biasa serta Depp memainkan karakter yang sangat biasa.

Mari kita berkenalan dengan keluarga Grape terlebih dahulu. Kita tahu Arnie adalah anak termuda yang berkebutuhan khusus. Gak jelas pula ini anak kenapa. Konon sih mengalami keterbelakangan mental gitu. Kebalikannya, Gilbert adalah anak tertua yang merupakan tulang punggung keluarga.

Ayah Gilbert dan Arnie bunuh diri meninggalkan istrinya yang depresi segera menumpuk kalori dalam tubuhnya sehingga dia menjadi begitu gendut dan tidak dapat bergerak ke mana-mana. Sang Ibu ini tiap hari tiap saat hanya duduk saja di depan TV dan makan serta makan lagi. Karena Sang Ibu sudah tidak mampu lagi berfungsi sebagaimana mestinya, maka anak-anaknya lah yang harus mengambil peran dalam rumah tangga. Maka selain Gilbert yang menjadi pencari nafkah, tulang punggung keluarga, dua anak perempuan lain bertugas untuk mengurus rumah tangga.

Konflik tentu saja berputar pada Gilbert, si tulang punggung keluarga. Sebagai seorang pemuda, tentu saja Gilbert memiliki keinginan untuk terbang bebas jauh dari kota kecil mereka yang saking tenangnya maka satu-satunya hiburan di kota itu, yaa, kalau tidak pembicaraan mengenai betapa invalidnya ibu Gilbert paling tentang tingkah laku Arnie yang suka banget manjatin menara air. Tapi Gilbert tidak mau menjadi laki-laki seperti ayahnya yang ‘kabur’ dari tanggung jawab terhadap keluarga.

Jika Anda belum berkesepatan menyaksikan film ini, mendingan cari, dah! Collection ChristophelAnda akan terkesima menyaksikan acting Leo sewaktu masih kecil ini dan betapa keren dia memainkan tokoh seorang anak yang mengalami, maaf saya belum tahu istilah yang pas menggambarkan keadaan yang dialami Arnie selain keterbelakangan mental.

Ya ampun, saya benci istilah ituuu..

DiCaprio sungguh bisa memainkan gesture secara sangat detil dari cara melirik dan memandang sesuatu, cara berbicara yang seakan-akan dia memang mengalami kesulitan, pich-nya yang pas, berteriak, menangis, tertawa, caranya memain-mainkan jari tangannya. Well, karena inilah film DiCaprio yang pertama saya saksikan, maka gak heran kalau saat itu saya benar-benar menyangka bahwa Arnie dimainkan oleh seorang bocah yang mengalami keterbelakangan mental juga.

4 thoughts on “Anak Berkebutuhan Khusus di Film dan Buku: Arnie Grape (What’s Eating Gilbert Grape)

  1. Foto yang di atas, DiCaprio kecil ya..?
    Hmm.. baru kali ini melihat fotonya di masa kecil..
    Penasaran nih dengan filmnya, terutama akting si Leo..🙂

    Selamat tahun baru Cikgu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s